RSUD Ungaran melaksanakan kegiatan Survei Penilaian Akreditasi RS Versi 2012 yang dilakukan oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) pada tanggal 23-25 Agustus 2016, Tim dari KARS yang hadir selama 3 hari untuk melakukan survei penilaian terdiri dari 3 orang yaitu dr. Henry Boyke Sitompul, Sp.B, FICS sebagai Ketua dan surveyor bidang medis, Maria Indrijani Widjaja, SKM surveyor bidang keperawatan serta drg. Lalu Suparna sebagai surveyor bidang manajemen.

Kegiatan pada hari pertama ini dibuka oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, SH, dalam acara ini dihadiri juga oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang Reza Hariwibowo ST, Asisten Pemerintahan H Moch Riyanto SE MM, Jajaran Dewan Pengawas RSUD Ungaran,  Komite Medis RSUD Ungaran, Komite Keperawatan RSUD Ungaran beserta staf, setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan survei.

 Kegiatan hari kedua berisi paparan dari ketiga surveyor atas hasil survei pada hari pertama, pada kegiatan di hari kedua ini Bupati Semarang dr H Mundjirin ES SpOG hadir dan memberikan sambutan, setelah paparan selesai dilanjutkan dengan survei lapangan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan pada hari ketiga diawali dengan paparan atas hasil survei pada hari kedua kemudian dilanjutkan dengan survei lapangan kembali, hari ketiga ini merupakan hari terkakhir untuk proses survei penilaian, kegiatan diakhiri dengan Exit Conference dari Tim Surveyor KARS lalu dilanjutkan dengan acara penutupan oleh Direktur RSUD Ungaran dr. Setya Pinardi, M.Kes.