BTCLS merupakan salah satu pelatihandasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita.

BTCLS bertujuan untuk memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ sehingga produktivitasnya dapat dipertahankan setara sebelum terjadinya bencana atau peristiwa gawat darurat yang terjadi. Seperti  Kecelakaan atau bencana alam dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti halnya kecelakaan lalu lintas, kecelakaan rumah tangga, kecelakaan kerja, dan sebagainya. Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah yang diakibatkan kecelakaan dengan cepat dan tepat, dengan pendekatan asuhan keperawatan yang mencakup aspek bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. Oleh karena itu perawat dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui pelatihan.

Pada tanggal 1 - 5 Desember 2021 RSUD dr Gondo Suwarno telah melaksanakan Pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BTCLS) kepada perawat yang ada. Pelatihan BTCLS ini dibagi menjadi 2 tahapan dimana tahap pertama tanggal 1 - 3 Desember 2021 dilaksanakan di Marella Residence secara online melalui zoom. Pelaksanaan Tahap kedua tanggal 4 - 5 Desember 2021 dilaksanakan di RSUD dr Gondo Suwarno pelaksanaan dilakukan secara tatap muka oleh Instruictor dari Medical Service & Training 119.