Acara >> Pengambilan Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Semarang Tahun 2022
Tanggal >> 31 Maret 2022
Lokasi >> Aula RSUD dr. Gondo Suwarno
Keterangan >> Pengambilan sumpah janji dilakukan melalui zoom berada di 6 titik lokasi yang berpusat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Semarang

 

 

Sesuai PERMENPAN RB NOMOR 16 TAHUN 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Pada Tanggal 16 Desember 2021 RSUD dr. Gondo Suwarno Mengadakan Kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan Maksud dan Tujuan : Menyerap aspirasi dan informasi dari pengguna layanan dan stakeholder dalam rangka peningkatan mutu layanan di RSUD dr. GONDO SUWARNO

 

 

 

BTCLS merupakan salah satu pelatihandasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita.

BTCLS bertujuan untuk memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ sehingga produktivitasnya dapat dipertahankan setara sebelum terjadinya bencana atau peristiwa gawat darurat yang terjadi. Seperti  Kecelakaan atau bencana alam dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti halnya kecelakaan lalu lintas, kecelakaan rumah tangga, kecelakaan kerja, dan sebagainya. Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah yang diakibatkan kecelakaan dengan cepat dan tepat, dengan pendekatan asuhan keperawatan yang mencakup aspek bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. Oleh karena itu perawat dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui pelatihan.

Pada tanggal 1 - 5 Desember 2021 RSUD dr Gondo Suwarno telah melaksanakan Pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BTCLS) kepada perawat yang ada. Pelatihan BTCLS ini dibagi menjadi 2 tahapan dimana tahap pertama tanggal 1 - 3 Desember 2021 dilaksanakan di Marella Residence secara online melalui zoom. Pelaksanaan Tahap kedua tanggal 4 - 5 Desember 2021 dilaksanakan di RSUD dr Gondo Suwarno pelaksanaan dilakukan secara tatap muka oleh Instruictor dari Medical Service & Training 119. 

  

Service Excellence Rumah Sakit adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien agar mereka terpuaskan dan ingin menggunakan jasa bahkan akan tetap memakai jasa dari rumah sakit tersebut di kemudian hari. Jika pelayanan yang didapatkan baik, pasien tidak hanya sekali menggunakan jasa rumah sakit, bahkan mereka juga akan mengatakan hal itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang-orang tersebut akan lebih percaya terhadap orang yang sudah berpengalaman langsung dibandingkan dari iklan atau janji-janji melalui media apapun.

Perawat, sebagai profesi yang 24 jam melayani pasien secara langsung, sangat penting melayani pasien dengan service excellent.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka Komite Keperawatan RSUD dr. Gondo Suwarno bekerja sama dengan PPNI Komisariat RSUD dr. Gondo Suwarno akan mengadakan Pelatihan Service Exellent untuk Perawat RSUD dr. Gondo Suwarno yang telah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 26 Oktober 2021 dan 27 Oktober 2021 di Ruang Aula RSUD dr. Gondo Suwarno .

  

  

RSUD Ungaran melaksanakan kegiatan Inhouse Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 25-26 februari 2020. Peserta pelatihan ini adalah Manajemen, Komite PMKP, Kepala Unit Kerja dan PIC data Instalasi Ruangan RSUD Ungaran, maksud dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan pengetahuan sekaligus esukasi pentingnya Peningkatan Mutu dan Keselamatan pasien, selain itu mengetahui konsep dasar dan prinsip upaya peningkatan mutu pelayanan dan manajemen mutu sumber daya manusia (SDM) rumah sakit, dan juga mampu melakukan perencanaan dan pelaksanaan peningkatan mutu dan keselamatan pasien, penetapan area prioritas, pemilihan indikator dan pengumpulan data validasi dan analisa data serta mampu meningkatkan dan mempertahankan mutu dari eselamatan pasien.